Antisipasi Omicron, Dinkes Pesawaran Siapkan Langkah Kontigensi

DAERAH, PESAWARAN5 Dilihat

strong>PESAWARAN-Untuk mencegah penyebaran virus omicron Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Kesehatan mendorong rumah sakit untuk menyiapkan langkah kontigensi terkait telah masuknya varian Omicron di Indonesia. Hal ini ditujukan agar ketika pasien COVID-19 ketika membutuhkan layanan medis, maka kapasitas rumah sakit akan mencukupi menampung pasien.

Kepala Dinas Kesehatan, Mediana diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan, Andhika menyatakan.

“Langkah yang di lakukan tetap melakukan giat sosialisai kepada masyarakat dengan memberlakukan sistem prokes dan melakukan percepatan giat vaksinasi baik usia 6-11 atau pun usia 12 thn ke atas dan menyarankan kepada seluruh warga masyarakat berusia 18 thn keatas d kabupaten pesawaran yang sudah selesai vaksin dosis 2 dengan rentang selama 6 bulan untuk melakukan vaksin boster di RSUD dan UPT Puskesmas wilayah kerja kabupten pesawaran, ujar Andhika, Rabu (12/01/2022).

Menurutnya, Upaya untuk mengantisipasi dengan 3 T dan Scrining dan dipastikan logistik RDT mencukupi.

“Memperkuat upaya 3T: Test, Treat dan Trace Test: Memperkuat upaya skrining dengan memastikan logistik rdt antigen tersedia memadai di setiap fasilitas kesehatan dan Dinas kesehatan Provinsi telah memberikan alokasi logistik Rdt Antigen sebanyak 13.900 pcs ke Dinas kesehatan untuk di distribusikan ke fasilitas kesehatan dan 5000 pcs ke RSUD Pesawaran, ujar Andhika.

“Treat, kapasitas Tempat Tidur untuk isolasi terpusat di RSUD Pesawaran sebanyak 40 unit dan ketersediaan oksigen yang memadai.
Trace: Memastikan semua kasus suspek dilakukan pelacakan dengan optimalisasi peran tracer yang terdiri dari lingkungan sekitar yang sudah ada di 14 wilker Puskesmas di Kabupaten Pesawaran kurang lebih sebanyak 10-15 orang per wilker, timpal Andhika.

Menurutnya, dengan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan dengan terus melaksanakan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) dalam penerapan Prokes terintergrasi dalam setiap kegiatan. Melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 khususnya dosis kedua dan ketiga utk meningkatkan herd immunity masyarakat Pesawaran

“Selain itu mempersiapkan RSUD terkait tenaga dan sarana prasarana jikalau nantinya ada yg terkonfirmasi terkena omicron, termasuk tempat isolasi nya, pungkasnya.(Indra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *