Wagub Chusnunia Lantik Pj. Bupati Lambar dan Tuba

LAMPUNG BARAT – Penjabat (PJ) Bupati Lampung Barat (Lambar) serta Pj. Bupati Tulang Bawang (Tuba) resmi dilantik oleh Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim di Balai Keratun Bandar Lampung, Minggu (18/12/2022).

Diketahui jabatan Pj Bupati Lambar resmi disandang Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lambar Nukman, menggantikan Parosil Mabsus dan Wabup Mad Hasnurin periode 2017-2022 yang berakhir masa jabatannya pada tanggal 11 Desember 2022 lalu.

Nukman dilantik menjadi Pj Bupati Lambar berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) No : 100.2.1.3-6269 tahun 2022 per tanggal 12 Desember 2022 tentang pengangkatan Penjabat serta pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati Lambar.

Dalam kesempatan yang sama Wagub Chusnunia juga melantik Pj. Bupati Tuba yang disandang oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, Qodratul Ikhwan, berdasarkan Surat Keputusan Kemendagri Nomor 100.2.1.3-6268.

Pada kesempatan itu Wagub Chusnunia Chalim mengatakan, dinamika pergantian kepala daerah harus disikapi dengan bijak dengan tetap menjaga stabilitas dan kondisi daerah.

“Kemudian penguatan konslidasi internal maupun eksternal, institusi pemerintah di Daerah, pelayanan publik serta menyelesaikan target pembangunan yang telah direncanakan,” kata Chusnunia.

“Untuk Pj. Bupati yang baru saja dilantik, saya minta supaya untuk segera dapat menyesuaikan diri mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna melanjutkan tata  kelola kepemerintahan sesuai dengan peraturan yang berlaku sesuai dengan tugas dan pungsi saudara,” ujarnya.

Selain itu, ia berpesan kepada kedua Pj. Bupati agar kedepannya terus menjalin sinergiritas kepada stackholder guna melanjutkan program yang telah disusun dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas, keterbukaan,  partisipatif, efektif serta berpihak dengan kepentingan masyarakat.

Chusnunia mengungkapkan, salah satu tugas Pj Bupati yakni mempasilitasi persiapan pelaksanaan pemilu, pilkada tingkat Kabupaten tahun 2024 mendatang serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (PNS).

“Pj. Bupati yang baru saja dilantik ini tugasnya istimewa akan melewati masa-masa yang tidak mudah terutama pemilu bersamaan dengan pilpres serta pilkada serentak,” ungkapnya.

Dikatakan Chusnunia Hal tersebut merupakan pengalaman pertama kalinya untuk Indonesia, maka dari itu tugasnya tidak mudah terutama mengenai ketertiban dan keamanan.(*/yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *