Komitmen Lima Kabupaten dari Dua Provinsi, Bandara Gatot Subroto Way Kanan Segera Beroprasi

DAERAH, WAYKANAN8 Dilihat

WAY KANAN – Bandar Udara (Bandara) Gatot Subroto Way Kanan akan segera kembali beroperasi secara komersial, hal tersebut karena adanya komitmen yang kuat lima Kabupaten dari dua Provinsi.

Disampaikan Sekertaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Way Kanan, Saipul. Pemkab Way Kanan dan Pemkab sekitar telah mencapai kesepakatan untuk menjamin adanya penumpang setiap pelayanan penerbangan, Rabu (27/03/2024).

Dijelaskan Saipul pada Rapat Koordinasi Percepatan Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan via zoom meeting pada Jum’at Tanggal 22 Maret 2024 lalu, saya mewakil Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, menyampaikan bahwa Pemkab Way Kanan menyetujui kesepakatan bersama tersebut.

Kesepakatan bersama itu dibuat melibatkan dua Provinsi dan lima Kabupaten. Yakni Pemerintah Provinsi Lampung, Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten Lampung Barat.

“Dimana Pemkab Way Kanan menyatakan kesiapan untuk mensosialisasikan dengan membuat Surat Edaran kepada Pegawai manakala akan ke Jakarta agar menggunakan fasilitas Bandara Gatot Subroto,”ujarnya.

Pada rakor tersebut kata Saipul, pj. Gubernur Sumsel, Agus Fatoni juga memastikan bahwa Bandara Gatot Subroto Way Kanan akan segera kembali beroperasi secara komersial. Sehingga diminta untuk Pemkab sekitar lokasi agar menggencarkan promosi terkait reaktivasi Bandara tersebut, baik promosi untuk flyer, spanduk, media sosial dan lainnya.

Untuk maskapai penerbangan kembali Saipul menerangkan, yang akan beroperasi di Bandara tersebut, Maskapai Citylink.

“Telah menyetujui beroperasi di Bandara Gatot Subroto Way Kanan, jika dioperasikan secara komersil. Dimana akan ada satu pesawat yang beroperasi melayani rute penerbangan Jakarta-Way Kanan melalui Bandara Halim Perdanakusuma,”bebernya.

Untuk jadwalnya dalam seminggu ada dua kali penerbangan. Dari Bandara Halim Perdanakkusuma berangkat Pukul 10.00 WIB langsung kembali sekira Pukul 11.00 WIB.

Sementara terkait hari keberangkatan dan tariff penerbangan hingga saat ini belum diputuskan. Namun, disarankan agar dilakukan penerbangan pada Hari Minggu dan Kamis.

Sementara terkait penumpang yang akan memenuhi kapasitas tersebut, kata Saipul menjadi tanggung jawab bersama.

Sudah dihimbau Pj Gubernur Sumsel Fatoni, agar lima Pemda sekitar yang hendak melakukan perjalanan dinas ke Jakarta, agar menggunakan Bandara Gatot Subroto Way Kanan,”pungkas Setdakab Way Kanan.(*/yul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *